DAMPAK PERDAGANGANINTERNASIONAL BAGI PEREKONOMIAN INDONESIA

Setiap kegiatan memiliki dampak, tidak terkecualinpada perdagangan internasional. Dampak positif dan negative. Berikut ini adalah dampak positif dan negative perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia.
• Dampak Posotif Perdagangan Internasional bagi Perekonomian Indonesia
Peradagangan internasional memiliki dampak positif bagi Indonesia sebagai berikut.
a. Terpenuhi kebutuhan akan bernagai macam barang dan jasa.
b. Penduduk di negar berssangkutan dapat memperoleh barang dan jasa dengan mudah dan murah sebagai akibat dari adanya efisiensi dan spesialisasi.
c. Devisa negara meningkat.
d. Terbukanya kesempatan kerja.
e. Terciptanya persahabatan dan kerjasama antarnegara di berbagai bidang.
f. Terdorongnya kegiatan ekonomi dalam negeri.

• Dampak Negatif Perdagangan Internasional bagi Perekonomian Indonesia
Selain memiliki dampak positif, perdagangan internasional juga memiliki dampak negatif yang ditimbulkan oleh perdagangan internasional antara lain sebagai berikut.
a. Mundurnya industry dalam negeri jika masyarakat lebih menyukai produk-produk yang diimpor dari luar negeri. Hal ini menyebabkan pemerintah di berbagia Negara melakukan kebijakan proteksi yyang dikeluarkan pemerintah dapat berbentuk kuota, tarif, dan subsidi.
b. Munculnya ketergantungan terhadap Negara-negara maju sebagai pemiliik factor-faktor produksi. Dengan ada ketergantungan tersebut, Negara-negara maju dapat menetpakan kebijakan-kebijakan ekonomi yang merugikan Negara berkembang seperti Indonesia.
c. Ekspor barang dan jasa, karena apabila Negara kita mengekspor barang dan jasa kenegara lain. Maka negarakita akan memperoleh pembayaran berupa mata uang asing.
d. Pinjaman luar negeri, karena apabila negara kita meminjam dari negara lain, maka negara kita akan menerima pinjaman dalam bentuk mata uang asing. Tetapi pada kemudian hari negara kita harus membayar utang tersebut dalam mata uang asing juga. Oleh karena itu, sebenaryan pinjaman luar negeri justru akan mengurangi jumlah devisa negaa kita dimasa yang akan dating.
e. Pendapatan dari luar negeri apabila warga negara Indonesia ada yang memiliki investasi tabungan, atau usaha diluar negeri, maka keuntungan yang diperoleh dapat berbentuk mata uang asing.

0 komentar:

Posting Komentar