PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP RETURN ON EQUITY (ROE) DAN EARNING PER SHARE (EPS) PADA PT KALBE FARMA TBK DAN ANAK PERUSAHAAN.

ABSTRAK

Kata Kunci : Financial Leverage, Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS).

Masalah keuangan yang sering dihadapi oleh suatu perusahaan adalah masalah pembiayaan perusahaan. Salah satu cara untuk membiayai kebutuhan dana suatu perusahaan berasal dari sumber dana ekstern yang berasal dari luar perusahaan seperti modal pinjaman. Bila perusahaan menggunakan modal pinjaman, berarti perusahaan telah melakukan leverage. Semakin banyak penggunaan modal pinjaman, akan semakin besar resiko tidak terbayarnya pinjaman. Walaupun penggunaan modal pinjaman menimbulkan resiko bagi perusahaan, namun dapat meningkatkan Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS).
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh financial leverage dengan Return On Equity (ROE) serta untuk mengetahui hubungan financial leverage dengan Earning Per Share (EPS) pada PT. Kalbe Farma Tbk dan Anak Perusahaan.
Dari hasil penelitian penulis, menunjukkan terdapat pengaruh financial leverage dengan Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) dengan tingkat korelasi financial leverage terhadap ROE sebesar 0,452 dan tingkat korelasi financial leverage terhadap EPS sebesar -0,407. Dari angka-angka tersebut diketahui bahwa korelasi atau pengaruh financial leverage terhadap ROE menunjukkan pengaruh yang positif dan pengaruh tingkat perubahan financial leverage terhadap ROE signifikan. Korelasi atau pengaruh financial leverage terhadap EPS menunjukkan pengaruh yang negatif serta memiliki tingkat perubahan signifikan.


Daftar Pustaka (1990-2008)

0 komentar:

Posting Komentar