Fakta Tentang Uang

Uang adalah suatu benda dengan satuan hitungan tertentu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di suatu wilayah tertentu.

1. Sistem uang modern bermula di Timur Tengah dan Mesir pada sekitar tahun 3000 SM.

2. Menurut filsuf Yunani Herodotus, uang logam pertama kali dibuat oleh orang-orang Lydia(sekarang Turki Barat) pada tahun 687 SM. Uang logam ini terbuat dari elektron, yaitu gabungan emas dan perak.

3. Emas pernah menjadi mata uang seluruh dunia. Bukan dalam arti harfiah. Maksudnya, emas pernah menjadi penjamin mata uang seluruh dunia. Semua negara mengeluarkan koin emas sebagai penukar mata uang negaranya. Contohnya, uang satu dolar Amerika Serikat pernah dihargai seberat 1/20 ons emas pada masa Presiden McKinley. Standar ini berlaku hingga tahun 1930-an. Tetapi, pada dasarnya ini tetap berlaku hingga tahun 1971.

4. Mata uang Indonesian sesungguhnya, yaitu rupiah, pertama kali diresmikan pada tahun 1946 dengan nama Oeang Republik Indonesia (ORI).

5. Kartu kredit seolah-olah memiliki fungsi uang karena dapat digunakan untuk melakukan pembayaran. Tetapi sebenarnya tidak begitu. kartu kredit bukanlah alat pembayaran, melainkan alat penunda pembayaran. Yang berfungsi sebagai uang adalah benda yang digunakan untuk membayar. Maisalnya, untuk membayar tagihan kartu kredit, ayahmu mengeluarkan selembar cek. Nah, cek itulah yang bisa disebut sebagai uang.

6.Eropa Bersatu (Uni Eropa) memiliki satu mata uang tunggal yang disebut dengan euro. Sebelumya, setiap negara Uni Eropa memiliki mata uang sendiri. Sistem mata uang tunggal ini mulai berlaku mulai tahun 1999. Sebenarnya, tidak semua negara Uni Eropa menggunakan euro. Satu-satunya negara Uni Eropa yang tidak menggunakan adalah inggris.

0 komentar:

Posting Komentar